Thursday, 16 August 2012

Malas Sahur Mendera di Akhir Ramadhan

facebook.com
"Tak apalah tidak sahur juga, kemarin gak sahur kuat kok sampai maghrib."
Bukan dilihat dari kuat atau tidaknya. Kita mesti lihat dari segi sunatnya. Sudah 2 hari ini saya dan teman-teman sekamar tidak sahur. Apa alasannya? Memang sih sudah disiapkan menu sahurnya di tempat kami kerja ini, tapi kami memilih untuk tidak sahur hanya karena terserang rasa malas.

Yeah, malas sahur di akhir ramadhan memang kerap menyerang umat muslim. Dengan menu yang kadang kurang cocok. Maksudnya? Wah, kamu tidak bersyukur. Menu yang kaya sayur dengan santan kental buat sahur 'kan gak cocok untuk perut orang puasa. Santan melakukan oksidasi berlebih dalam lambung sehingga menghasilkan gas dan membuat produksi asam lambung tinggi. Hal ini bisa malah menimbulkan masalah bagi lambung kita. Trik sederhananya adalah tetap makan dengan sayur tersebut tapi dengan kuahnya sedikit, atau bahkan tanpa kuah. Gak mau kan lagi sibuk-sibuknya kerja terus kita dapat panggilan alam dari toilet...oops.

Alasan sudah merasa terbiasa dengan tidak makan di siang hari pada bulan puasa tidak sepenuhnya benar. Lagi pula apa ini normal? Hey, orang normal makan tanpa disuruh. Dengan memikirkan kemungkinan yang mungkin bisa terjadi bila tidak makan, siapa tahu nanti ada pekerjaan berat yang mendadak, siapa tahu jam kerja hari itu ditambah lembur. Kita tetap mesti makan sahur. Trik saat bosan mungkin kita bisa mencoba makanan kecil dengan air mineral secukupnya. Memang tidak akan sekenyang nasi sih tapi ya lumayan untuk mendapatkan pahala sahur dan untuk menjaga asam almbung agar tidak naik.

Saya malas banget sahur 2 hari ini. Entah karena sugesti dari teman-teman sekamar atau apa...Tapi kemungkinan besar dari diri sendiri. haha

Kalian gimana? Mengalami hal serupa di atas?

Wednesday, 15 August 2012

Sudah Ditentukan dan Kau Hanya Bisa Pasrah

sumber

Pupuslah sudah harapan saya untuk benar-benar bisa menikmati akhir dari bulan Ramadhan ini. Semua rencana yang sudah tersusun rapi nampak suram untuk dilakukan setelah mengetahui bahwa libur mulai hari Sabtu, 18 Agustus 2012.

Dengan hari raya yang masih belum pasti jatuhnya, tanggal 19 atau 20, Minggu atau Senin. Saya pribadi lebih memilih hari Senin. Kenapa? Karena pas hari minggunya saya bisa habiskan untuk bersama keluarga. Saya ingin benar-benar menikmati sahur dan buka bersama keluarga. Minggu-minggu kemarin melewati sahur dan  dengan kawan-kawan terdekat. Mengenai hal ini jadi sedih juga teringat wajah emak yang meminta saya untuk berbuka di rumah. :(( Tapi saya malah memilih berbuka dengan teman-teman.

Dan untuk hari sabtunya saya bisa mengobati rasa kangen dengan anak-anak TEXAS (Texaje Satu) yang mau bukber pada tanggal 18. Kalau misalkan Lebaran jatuh pada tanggal 19, saya akan mengorbankan waktu bukber bersama TEXAS dan lebih memilih buka bersama keluarga.

Saya sedih menerima kenyataan bahwa saat ke-7 kakak saya berkumpul di rumah, saya masih memeras jari menciptakan paragraf-paragraf rayuan untuk konsumen.

Apa tidak ada jalan keluar?

Tuesday, 14 August 2012

Demam Weekend plus Demam Lebaran

Pagi sobat wtw. Bagaimana puasa kalian? Semoga tetap diberikan kesehatan dalam menjalankan ibadahnya, Aamiin.

Mengenai title dari postingan ini saya yakin semua karyawan di pabrik sama pekantoran sedang mengalaminya. Mengingat pekan ini adalah pekan terakhir dari bulan suci Ramadhan jelas banyak para pekerja yang sudah tidak sabar menantikan hari kerja terakhir di bulan ini untuk mudik di hari berikutnya.

Kita pantau yang di kawasan lokal dulu, ya. Di kantor tempat saya bekerja nampaknya atmosfer libur lebaran sudah menjangkit teman-teman saya. Penyebabnya hanya satu ya, itu tuh hari lebaran yang belum jelas kan. Entah minggu atau senin. Jadi kita tidak bisa menentukan kapan sih H-3 sama H+3 nya. Tidak bisa menentukan libur start dari tanggal berapa sampai tanggal berapa yang berimbasa pada tidak bisanya mengatur jadwal reuni dengan teman sekolahan. Akibatnya virus-virus malas mulai menginfeksi kami semua. Disadari atau tidak.

Belum lagi ditambah weekend kemarin yang kelihatannya dihabiskan secara brutal oleh kebanyakan orang. Akibatnya hari senin berhiaskan rasa kantuk yang tidak bisa ditoleransi lagi. Hentakan mendadak pada keyboard karena mimpi pas lagi kerja pun mudah ditemukan. Wajah suntuk mupeng libur mudah terdeteksi dengan jumlah pengidap yang banyak.

Saya pribadi juga mengalaminya. Terlebih lagi di tempat kerja yang dulu, harilebaran tanggal 30, tanggal 25 sudah libur plus masuk H-3. Enak banget 'kan?...

Sekian pantauan kami pagi ini. Saya uyoyahya, melaporkan dari jalur depan kantor divisi luxor. 

Kamu, kamu, kamu...gimana? Terjangkitkah virus Demam libur lebaran?...

Monday, 13 August 2012

Lebaran Tinggal Menghitung Hari

Menghitung hari, detik demi detik
Sorak-sorak bergembira, bergembira semua...
Siti Nurhaliza - Aidil Fitri


Asyik Lebaran tinggal 1, 2, 3,... 5 hari lagi. Bagaimana dengan persiapan Lebarannya sobat wtw semua?
Saya sudah tidak sabar nih menantikan meriahnya lebaran tahun ini. Ada yang beda di Lebaran tahun ini. Saya udah gede(apanya?). Pas weekend kemarin udah ada satu keluarga kakak yang mudik dari Cikarang. Entah kenapa saya dan kakak cewek yang ada di rumah membuat kesepatakan seperti ini. "Yo, sepertinya untuk tahun depan kita harus membuat markas sendiri."

Apa maksudnya coba? Kami berdua emang penghuni tetap rumah selama setahun ini. Terbiasa dengan suasana yang sepi, sunyi dan senyap tanpa anak keicl yang nangis. Pokoknya suasana rumah enak deh buat tidur. Nah, pas lebaran kan itu 8 orang anak manusia (#Ya, alloh) pada kumpul, belum lagi yang sudah berkeluarga pada bawa lampirannya masing-masing. Gak kebayang deh atmosfernya entar kayak gimana...

Yang kemarin datang nih Kakak cowok saya yang ke 4 membawa satu paket keluarga: dirinya, istri sama anak kecil yang mana adalah ponakan saya bernama Rezy Fadey Bazli (saya yang kasih nih nama) pas malam minggu tepat jam 12. Teng tong. Si Rezy ini baru 2 tahun. Tapi ampun ya ini anak sensitivnya kayak orang dewasa...gak jauh beda sama saya sekarang (emang udah dewasa...?). Disentuh dikit aja langsung nunjukin mimik muka gak suka yang nyebelin...ditambah lagi sentuhannya eh, eh malah makin parah dan nangis deh...haihihihi (#ketawa mak lampir). Jujur sobat wtw saya kurang suka gitu sama anak kecil. Alasannya? Entar deh bikin postingan khusus...

Persiapan Lebaran...

Stop ngomongin tanda-tanda kekacauan di rumah. Kita fokus ke persiapan lebaran. Yang paling seru dulu deh..Baju Lebaran! Gimana sobat wtw udah pada punya persiapan yang satu ini? Kayak anak kecil banget ya.Tapi No matter lah, Lebaran berasa gimanaaa gitu kalau gak beli baju lebaran.

Kalau saya sih beli baju lebaran hanya untuk menghadiahi diri sendiri. Award kecil-kecilan, kayak baju labaran, buat diri kita itu sangat baik untuk memotivasi diri agar melakukan kemajuan-kemajuan yang lebih baik. Untuk lebaran kali ini tidak jauh beda dengan lebaran kemarin. Awal bulan saya udah beli satu setel baju yang gayanya agak berbeda deh sama tahun-tahun kemarin. Sekarang saya udah bisa milih baju sendiri, lho,,,huahaha

Selain baju lebaran persiapan yang biasa dilakukan adalah bikin Kue Lebaran. Kerjaan Ibu-ibu nih..gak bisa bahas banyak-banyak. Alhamdulillah ya di rumah itu lemari udah penuh sama kue-kue kering khas lebaran.
Setelah kue apalagi ya? Oh, itu mh,,,apa-apa-apa?...lempar...pass...peserta selanjutnya : mh,,,,apa ya...waktu habis...yeah
Jawabannya...bersih-bersih rumah. Saya liat rumah udah cukup bersih. Udah dicat dengan warna krem segar. Berarti tinggal sapu-ngepel yang rajin deh. Dan semua itu biasa dilakukan oleh Dina Suargiah. hahaha...Kakak cewek saya yang paling kecil...

Kalian gimana? Udah pada siap Lebarannya? Apa pada lagi nunggu THR?...

Saturday, 11 August 2012

Gagarudaan

Ada yang tahu permainan tradisional ini? Ini asli permainan orang sunda, lho,,, Itu tuh yang cara mainnya setiap peserta harus nyumbang berapa pun dari jari yang Ia miliki. Mau 1, 2, 3 atau 40 kalo punya ya silahkan...haha

Terus itu jari yang ada diitung secara berurut dengan abjad A-Z. Huruf terakhir pada suatu jari merupakan huruf awal dari kata yang harus kita cari sesuai dengan kategori. Misalkan huruf kategori nama buah dan huruf nya adalah A bisa dijawab dengan Apel, Anggur dan sebagainya. Masing-masingjawaban gak boleh sama. Peserta yang telat akan diberikan hukuman. hukumannya bebas mau dipukul ke(dengan benda tumpul, ya), atau apalah yang sifatnya mengencerkan otak. haha...

Yang harus kita tekankan pada permainan ini adalah kecepatan dan ketepatan. Tak jarang ada yang menyebutkan satu kata namun tak sesuai dengan kategorinya. Dan kecepatan adalah keharusan untuk mendapatkan jawaban yang mudah. Kalian tahulah kalau jawaban yang mudah itu persaingannya ketat dan emang mesti cepat.

Udah sekita 1 atau 2 minggu ini permainan jadi populer di mess tempat kerja saya. Dan oh, jangan lupa jawaban mesti kata yang dikenal oleh kebanyakan anggota lain. Kalau misalkan kata yang disebutkan tidak dikenal oleh banyak peserta berarti jawaban dianggap gugur. Nah di sini nih kadang gak fair-nya..Tapi buat seru-seruan asyik juga lho,,,

Friday, 10 August 2012

Hanya Sebatas nge-Fans


A different lover is not a sin Believe capital H-I-M
I love my life I love this record and Mi amore vole fe yah (Love needs faith)

Wednesday, 8 August 2012

"WTW" Udah dikenal Google

dari sini
Pagi, semuanya. Entah kebiasaan buruk apalagi, selain bangun kesiangan, yang akan saya dapatkan bila terus begini. Oo-em-jii... Pagi ini saya bangun kesiangan, like always. Kapan ya kebiasaan ini berubah? Mesti ada perubahan! Kalau begini terus, entah kebiasaan buruk apalagi, selain bangun kesiangan, yang akan jadi identitas saya di mata orang lain. Ya, Alloh jauhkanlah, apa pun itu!

Sesampai di kantor dengan langkah kaki yang diseret saya langsung nyalain PC. Setelah nunggu beberapa detik sampai benar-benar up itu kompi, baru saya buka browser Mozilla Firefox. Entah rangsangan apa yang membuat saya langsung mengetikan keyword "what teens want", dan ternyata, eh, eh, eh there's nothing else I can't say...Diurutan ke-4 blog uyoyahya.blogspot.com nongol.

Ini dia buktinya...


Kurang jelas ya gambarnya. Open in new tab aja biar keliatan kalau what teens want-nya uyoyahya.blogspot.com benar-benar ada di urutan ke-4, page 1. Asyik, asyik, asyik...#jogeg-joged ala Katy Perry di mv Last Friday Night

Terimakasih kepada teman-teman yang suka mengunjungi bog sederhana saya ini. Terimakasih pula buat ketentuan di tempat kerja yang mengharuskan setiap karyawannya buat ngurus blog "abal-abal" sebagai pendukung link wheel. Semoga ini blog punya garis tangan yang baik. Aamiin.

Selamat beraktivitas semuanya...

Tuesday, 7 August 2012

Happy Birthday to Me...

Happy birthday to me
happy birthday to me
happy birthday, happy birthday
happy birthday, uyoyahya...


hiks, hiks...Gw udah berapa ya 1, 2, 3 (ngitung jari)...20 taon, sobat wtw. Ampun dah tua, ya. Masa? Gak kali...20 tahun mah masih remaja kok, najong dah lo...

Semalam sekitar 10 menit menjelang pukul 00.00 gw terbangun (perasaan sebelumnya lo gak tidur deh, yo...). Emang gak tidur sih tapi bermain-main dulu tuh sama teman-teman sebarak(kayak pengungsian ya istilahnya). 10 menit terakhir saya gunakan buat make wish list di draft SMS.

11.57 pm, 11.58 pm, 11.59 pm...one message received. Who's that? My sister sent me a happy birthday message. So, thank you so much Dina Suargiah, you're the first person. Congrats! But, sayangnya gak ada doorprize...haha...

Harapan di usia yang ke 20 ini nampaknya masih akan mengadopsi wish list dari yang 19 taon, soalnya itu wish list gak ada satu pun yang terwujud. Nampaknya akan jadi wish list seumur hidup...Hang on...fair gak sih kalo misalkan satu taon satu tujuan utama? Kayaknya bakalan lebih mudah kayak gitu deh. Soalnya di itu "daftar harapan hidup" kalo ditelaah kaya soal matematika beruntun. Soal selanjutnya gak bakalan bisa terjwab kalo pertanyaan sebelumnya gak dijawab. Seperti itulah harapan pengen buata karya "spektakuler" gak bakalan terwujud kalo gw belum punya lapy...

Emak...beliin gw lapyyyy....

Inget nambah usia, nambah dewasa...jangan manja. Manja dikit gak papa kali...Jangan! Jangan pernah sekali-kali kau berbuat seperti itu karena sesungguhnya semakin banyak kau bergantung pada orang lain maka tingkat kedewasaanmu semakin nihil. Ampun dah kaya dakwah aja, lo...

I will take my own way. I will survive with it, without feel so small when I'm tryna' reach my dreams...
May all my wish can be reached...Aamiin...

Happy birthday,...

Monday, 6 August 2012

Menu Sehat Ayam Kol di Bukber Kemarin

Ini nih tindak lanjut dari positngan yang kemarin.Sabtu malam kemarin saya jadi bukber dengan teman-temannya si Yayang. Setelah sedikit dilanda bingung akhirnya saya jadi ke ngikut dan lumayan deh bisa ketemu salah satu manusia besar yang saya kenal di dunia, Novi. Tebak cewek apa cowok? Cowok, lho...

Berangkat jalan kaki dari rumahnya Yayang ke tempat di mana bukber bakalan berlangsung. Rada ragu juga sih pas jalan kaki ke TKP yang katanya dekat sama Yomart di Jl. Siliwangi. Mencari-cari ke depan nama Ayam Kol tapi gak ada. Coba dihubungi yang punya hajatnya susah banget. Akhirnya secara tidak sadar ini mata menangkap sebuah nama warung makan bernama "Ayam Kol".

Kita masuk ke warung makan sederahana itu dan menempati meja yang udah dipesan duluan. Ngobrol-ngobrol sebentar dan tibalah orang yang nraktir kita bukberan di sana, Desy, pacarnya Novi. Inget nama yang kedua itu cowok. COWOK tulen. Salaman and sedikit berbincang soal kerjaan.

5 Menit sebelum waktu berbuka tiba menu udah didatengin ke meja kita. Sate usus kecap, Ayam bakar kecap, Tahu bakar kecap, Sate ati ayam kecap dan yang unik yaitu ada porsi sayuran kol yang digoreng dan tentu saja tidak ketinggalan ada nasi juga. Apa sih yang buat menu ini sehat? Ya, itu tuh kolnya. Menu yang lain kan mampu memicu naiknya kadar kolesterol di tubuh kita. Kol mampu mengontrol kadar kolesterol dalam tubuh kita. Pas kita hap ayam, sate usus, dan sate ati...kadar kolesterol kita langsung ditekan oleh si sayuran berwarna putih itu.

Ini Dia penampakan dari Menu Ayam Kol...

Pemilik warung makan ini benar-benar punya ide yang cemerlang. Dengan menu ayam bakar kecap yang sarat akan lemak kita disuguhi kol segar yang aman menetralisir lemak tersebut. Benar-benar sehat.

Bukber selesai sekitar jam 18.30. Kita salaman and langsung cabut ke rumah masing-masing. Rumah saya jauh nih...di Ciawi. Mesti bergegas supaya bis angejar Bis yang berangkat jam 7-an.

Makasih ya buat Desy yang udah nraktir saya bukber dengan menu sehat Ayam Kol-nya...

Saturday, 4 August 2012

Pulang atau Ikut Bukber, ya?

Bingung melanda di saat ada dua keinginan yang bertentangan. Yang satu manfaatnya gini-gini-gitu, jeleknya gini-gitu-gini. Yang lain serunya gitu-gitu-gini, gak serunya gitu-gini-gitu. Bingung 'kan, bingung? Ayo ngaku....

Yap, rencana buka puasa akhir pekan ini pengen di rumah kaya pekan kemarin. Tapi semalam terlibat chat sama orang yang udah lama jadi temen plus pacar my brother(entahlah mereka masih jadian atau udah bubaran....haha...siapa peduli). Katanya ada ajakan bukber atau buka bersama dari salah satu temennya yang juga temen saya yang mana adalah pacar temen saya. Ngerti gak?...Pusing? ...Sorry ya gak bisa ngejelasin secara rinci. Pokoknya ya gitu deh...

Ini dia sedikit cuplikan percakapan di YM semalam dengan akun "tazqia""

Me : Gratis gak? (nyadar oi...udah kerja masih aja pengen yang gratisan)

taz: gratislah, namanya juga diajak...
me: bayar juga gak papa sih...
taz: nyantai uyo mh saya bayarin...
me: asyik...asyik...asyik...

Gini-gini-gini,,,buka puasa di rumah masakannya udah tentu enak, gak bayar (seumur hidup saya makan gak bayar...gratis, tis, tis, tis) dan nyaman banget suasananya. Secara kaya diiklan Kecap cap burung itu tuh katanya: "Mana mungkin tergoda buka puasa di jalan kalau di rumah ada yang lebih spesial."
Ayo tebak iklan apa?...sssttt...iklan komersil.

Tapi dengan iming-iming kata buka puasa di luar juga gratis,,,hahaha...why not. Tapi, jujur bayar juga gak papa kali uang saya masih cukup kok..lebih malah...(najong)....

Jadi keputusannya gimana, nig?...Pulang apa maen dulu? Buka puasa di rumah apa di luar?
Ada saran?...

Friday, 3 August 2012

Lagu Jadul Buat Penyemangat Harimu

Coba deh diingat-ingat ada gak lagu jaman sekarang bertema semangat yang ngehits banget? Paling lama nongol di chart-chart lagu cuman 3 bulan. Kualitas musik jaman dulu ama sekarang emang beda. Sekarang ini semua lagu gampang dihapal dan gambang dilupakan. Jaman dulu promosinya santai, dari radio ke radio, TV, dijadiin soundtrack dan meledaklah.

Ada satu lagu jadul yang bertema semangat yang cocok banget buat sobat wtw yang lagi kurang suntikan motivasi. Kalau didenger-denger cocok juga buat yang motivasi ngejalanin puasanya mulai melemah. 

Here we go...S Club 7 - Bring It All Back



Bring it all back now

Don't stop, never give up
Hold your head high and reach the top
Let the world see what you have got
Bring it all back to you

Hold on to what you try to be
Your individuality
When the world is on your shoulders
Just smile and let it go
If people try to put you down
Just walk on by don't turn around
You only have to answer to yourself

Don't you know it's true what they say
That life, it ain't easy
But your time's coming around
So don't you stop tryin'

Don't stop, never give up
Hold your head high and reach the top
Let the world see what you have got
Bring it all back to you
Dream of falling in love
Anything you've been thinking of
When the world seems to get too tough
Bring it all back to you

Na na na na..

Try not to worry 'bout a thing
Enjoy the good times life can bring
Keep it all inside you
Gotta let the feeling show
Imagination is the key
'Cos you are you're own destiny
You never should be lonely
When time is on your side

Don't you know it's true what they say
Things are sent to try you
But your time's coming around
So don't you stop tryin'

Don't stop, never give up
Hold your head high and reach the top
Let the world see what you have got
Bring it all back to you
Dream of falling in love
Anything you've been thinking of
When the world seems to get too tough
Bring it all back to you

Na na na na..

Don't you know it's true what they say
Things happen for a reason
But your time's coming around
So don't you stop tryin'

Don't stop, never give up
Hold your head high and reach the top
Let the world see what you have got
Bring it all back to you
Dream of falling in love
Anything you've been thinking of
When the world seems to get too tough
Bring it all back to you


Thursday, 2 August 2012

Perpanjang Usia dengan Rajin Nge-Net

Orang mungkin akan berpikiran untuk mendapatkan usia yang panjang kesehatanlah yang mesti selalu dijaga. Namun baru-baru ini ditemukan bahwa ada fakta lain hal yang bisa memperpanjang usia. Dan ini terbilang menyenangkan.

Roma, Seseorang yang kecanduan internet biasanya jarang bergerak, kurang tidur dan matanya gampang iritasi. Namun menurut penelitian di Italia, dalam kondisi tertentu sering buka internet justru bisa membuat seseorang berumur lebih panjang.

Penelitian yang dilakukan Dr Americo Bonanni dari Sacred Heart di Roma, Italia itu mengungkap bahwa orang-orang yang selalu terhubung dengan internet cenderung jarang sakit. Meski kadang-kadang kurang gerak, diet atau pola makannya cenderung lebih sehat.

Pola makan yang dimaksud adalah konsumsi buah-buahan dan ikan segar, yang sering disebut dengan istilah Diet Mediterania. Jenis diet yang banyak direkomendasikan para ahli gizi ini sejak lama diyakini baik untuk menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah.

Selain mengurangi risiko stroke dan serangan jantung, Diet Mediterania juga efektif mengurangi risiko kanker karena buah-buahan banyak mengandung antioksidan. Kalori dalam buah dan ikan segar juga lebih rendah dibanding makanan lain, sehingga lebih aman dari risiko kegemukan.

"Hasil pengamatan terhadap 1.000 orang menunjukkan, orang yang sering terpapar informasi cenderung hidup dengan pola makan yang lebih sehat," kata Dr Bonanni yang mempublikasikan penelitian tersebut di International Journal of Public Health, seperti dikutip dari Dailymail, Minggu (15/1/2012).

Dari pernyataan ini bisa disimpulkan, tidak semua jenis aktivitas yang dilakukan di internet bisa memberikan manfaat hidup sehat. Internet hanya menyeharkan jika dipakai untuk mengakses informasi, bukan untuk menghabiskan waktu berjam-jam dengan bermain game online.

Oleh karena itu, Dr Bonanni menambahkan bahwa efek serupa juga diperoleh ketika orang sering membaca koran atau menonton berita di televisi. Alasannya adalah, media massa pada saat ini makin banyak menyajikan informasi kesehatan sehingga sangat efektif untuk penyampaian pesan.

Meski berhubungan dengan diet yang sehat, tidak bisa dipungkiri bahwa penelitian terdahulu banyak mengaitkan internet dengan gaya hidup sedentary atau jarang olahraga. Akibatnya, tidak sedikit para pecandu internet yang bermasalah dengan kegemukan dan berbagai komplikasinya termasuk sakit jantung dan diabetes.

health.detik.com

Wednesday, 1 August 2012

Tips Mengatasi Bibir Kering Saat Puasa

Saat menjalankan ibadah puasa banyak sekali perubahan yang terjadi pada tubuh kita. Menahan lapar dan dahaga selama 14 jam membuat tubuh dehidrasi. Namun, kita tidak dianjurkan untuk mengeluh. Yang kita lakukan adalah mencari-cara-cara untuk mengurangi dampak dari puasa.

Bibir kering merupakan salah satu masalah yang sering dialami orang yang sedang berpuasa. Mineral yang dibutuhkan tubuh berkurang seirng waktu hingga waktu berbuka. Dan bibir kering ini kerap membuat kita kurang percaya diri saat ada di muka umum.

Berikut ini beberapa tips mengatasi bibir kering saat puasa :

  1. Minum yang cukup
    Konsumsi air mineral minimal 8 gelas pada saat buka dan sahur. Pembagian waktunya bisa disesuaikan. Misal satu gelas saat berbuka sebelum menyantap ta'jil, satu gelas setelah makan, satu gelas setelah sholat tarawih, satu gelas sebelum tidur, satu gelas pada saat bangun tidur untuk sahur, 1 gelas setelah sahur dan satu gelas lagi saat imsak. Total semuanya 8 gelas. Hal ini bisa membantu mengatasi bibir yang kering selama puasa.
  2. Hindari Makan Pedas dan Asin
    Saat berbuka puasa dan sahur hindari makanan pedas dan terlalu asin. Kedua jenis makanan ini dapat menyebabkan bibir dan mulut kering. Selain itu mengonsumsi makanan asin dan pedas membuat Anda cepat haus.
  3. Hindari Menjilat Bibir
    Menjilat bibir sama sekali tidak membantu. Malahan dapat memperburuk kondisi kulit bibir. Air liur yang menempel, membuat bibir semakin kering. Oleh karenanya, hindari menjilat bibir.
  4. Madu
    Madu merupakan cara alami untuk mengatasi bibir kering dan pecah-pecah. Selain dikonsumsi, Anda dapat mengoleskannya pada bibir. Masalahnya Anda tidak bisa mengoleskan bibir di tengah hari. Oleskan madu menjelang tidur. Saat sahur, minumlah madu sebanyak tiga sendok makan. Selain dapat mencegah bibir kering, madu juga memberikan Anda kekuatan selama berpuasa.
sumber

Featured post

Retorika: Seni Merubah Pikiran Manusia

Di akhir perkuliahan semester 3 awal Maret ini saya mempelajari tentang Introduction to Litetrature. Untuk nilai dan tugas, setiap individ...