Saturday, 11 August 2012

Gagarudaan

Ada yang tahu permainan tradisional ini? Ini asli permainan orang sunda, lho,,, Itu tuh yang cara mainnya setiap peserta harus nyumbang berapa pun dari jari yang Ia miliki. Mau 1, 2, 3 atau 40 kalo punya ya silahkan...haha

Terus itu jari yang ada diitung secara berurut dengan abjad A-Z. Huruf terakhir pada suatu jari merupakan huruf awal dari kata yang harus kita cari sesuai dengan kategori. Misalkan huruf kategori nama buah dan huruf nya adalah A bisa dijawab dengan Apel, Anggur dan sebagainya. Masing-masingjawaban gak boleh sama. Peserta yang telat akan diberikan hukuman. hukumannya bebas mau dipukul ke(dengan benda tumpul, ya), atau apalah yang sifatnya mengencerkan otak. haha...

Yang harus kita tekankan pada permainan ini adalah kecepatan dan ketepatan. Tak jarang ada yang menyebutkan satu kata namun tak sesuai dengan kategorinya. Dan kecepatan adalah keharusan untuk mendapatkan jawaban yang mudah. Kalian tahulah kalau jawaban yang mudah itu persaingannya ketat dan emang mesti cepat.

Udah sekita 1 atau 2 minggu ini permainan jadi populer di mess tempat kerja saya. Dan oh, jangan lupa jawaban mesti kata yang dikenal oleh kebanyakan anggota lain. Kalau misalkan kata yang disebutkan tidak dikenal oleh banyak peserta berarti jawaban dianggap gugur. Nah di sini nih kadang gak fair-nya..Tapi buat seru-seruan asyik juga lho,,,

23 comments:

  1. keren nih mas bro... kebudayaan sunda ini mesti di lestarikan...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget, kita mesti lestarikan ini permainan...jangan sampai hilang ditelan waktu dan kalah oleh budaya luar.

      Delete
  2. waduh,, aku pengen'y mamanukan... ada ngga ya ???

    ReplyDelete
    Replies
    1. manuk aku juga boleh kok :D

      Delete
    2. waduh,, berpa harga'y ??? nanti deh aku konteskan di pasar... :D

      Delete
    3. iya ni, ga tau aku juga.. :D

      Delete
    4. buad kmu gratis mass bro

      Delete
    5. wah maenya ... sini aku pijitin... :D

      Delete
    6. kmu pasti RISMAN teu soleh nya ????

      Delete
    7. waduh ketahuan ni... :D

      Delete
    8. hahahhaa,, sagala di bahas :D

      Delete
  3. Itu lagi gagarudaan apa lagi kerja kelompok ??


    =))

    ReplyDelete
    Replies
    1. kerja kelompok, pas lagi stress gak ada ide ya direfresh dulu dengan gagarudaan,,,

      Delete
    2. @yadi supriadi :: Woy loooo siapa ??

      Delete
    3. aku yadi... kalau kmu siapa ? ko ngotot sih..

      Delete
    4. bukan nya ngotot !! gak suka aja nama orang di pake.... # aduh aduh :p

      Delete
    5. emang nama kmu sama dengan aku ?? kn kmu dion aku yadi.. gimana sih

      Delete
  4. aku sering neh main ginian,, baru tahu namanya gagarudaan.. hihihi

    ReplyDelete
  5. bagus sih buat ngasah otak,,, asal pertanyaannya jangan cuma buah sama binatang aja ya,,,, :p

    ReplyDelete

Blog Uyo Yahya menerima segala macam komentar yang memenuhi kriteria "Bebas tapi Sopan". Mangga, silahkan...

Featured post

Retorika: Seni Merubah Pikiran Manusia

Di akhir perkuliahan semester 3 awal Maret ini saya mempelajari tentang Introduction to Litetrature. Untuk nilai dan tugas, setiap individ...