Sunday, 14 April 2013

Gue, aku, saya vs Tulisan vs Jati Diri

“You make me feel like I’m living a teenage dream the way you turn me on…”
Lagu lama dari Katy Perry ini berhasil bikin gue bangun di minggu pagi yang gak biasa ini. Gue terbangun di ruangan kecil dengan kepala yang sedikit pusing. Kecapean kali ya kemarin perjalanannya lumayan lama dari Jakarta ke Tangerang.

Admin lagi bingung nih dalam menentukan identitas diri di tulisan. You knowlah, tulisan mencerminkan pribadi dari penulisnya. Orang yang santai dan cenderung terbuka akan menggunakan kata ganti yang akrab seperti “gue”, atau yang semi terbuka lebih nyaman dengan “aku”-nya, dan yang lebih bersahaja akan lebih sering menggunakan “saya”. Sementara bisa dilihatlah dari postingan-postingan sebelumnya admin terkadang pake saya, gue dan aku, bahkan terkadang nyampur juga. Kesannya gak konsisten dan malah mempersulit pembaca dalam menentukan jenis orang seperti apa yang sebenarnya ada di balik tulisan-tulisan di blog ini.

Mungkin ada ya yang berpikiran kenapa sih ini admin blog kayak mentingin banget pencitraan dirinya di tulisan? Pencitraan itu penting banget karena salah satu fungsi blog adalah media untuk mengekspresikan diri. Dan pencitraan diri yang baik adalah yang sifatnya natural, tidak dibuat-buat serta admin memang selama ini melakukannya secara alami. Lalu yang terjadi selama ini saat admin nulis artikel adalah admin terkadang menulsi dalam suasana santai dan lebih terbuka, kadang juga merendah, dan terkadang juga egois.  Mungkin dari situ kali ya ragam penggunaan kata ganti orangnya sering berubah-ubah. Apa mungkin memang seperti ini gaya saya yang real dalam menyampaikan sesuatu melalui tulisan, atau bahkan mungkin dalam konteks lisan juga? For now, I don’t know what is the exact reason of it. But I’m gonna investigate.

12 comments:

  1. mungkin ini lebih dari sekedar ekspresi diri diwaktu
    merendah
    santai
    atau egois
    >,</

    ReplyDelete
    Replies
    1. yeah, terlalu banyak suasana emosi yang mengadopsi satu kata pengganti yang sama, mungkin.

      Delete
  2. saya juga pernah mengalami dilema seperti itu, sekarang mulai konsisten dengan satu kata, saya saja lah..hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. yep, katanya emg bener sebagian blogger pemula mengalami hal itu...

      dan saya masih bingung mau konsisten dengan yang mana kedepannya.

      Delete
    2. ya semoga menemukan kata yang tepat dan bisa konsisten

      Delete
  3. kalau gue sih, khusus di postingan blog, milihnya "aku" karena lebih sesuai dengan bahasa indonesia yang baku dimana kalimat-kalimat baku ini lebih mudah dipahami oleh visitor dari luar yang menerjemahkan halaman blog ke versi bahasa inggris. lain halnya dengan menggunakan "saya" atau "gue", setelah halaman ditranslate, kesannya kurang berstruktur yo..

    wah blognya tampilan baru, lebih fresh dan easy-reading. sampai tagline nya juga diganti ya? it's ok, change is natural..

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah...bener juga sih. Pengunjung blog kita kan gak cuma dari Indo.

      Iya lebih fresh.hehe
      Tagline itu apaan mba els?

      Delete
    2. maksudnya deskripsi di bawah judul blog, yang tadinya "telling you something nud, crazy or mad," sekarang jadi "..and his whole life."

      dulu masih suka hura-hura, sekarang lebih fokus ke apaaa gitu.. hehe

      Delete
  4. hehehe.. sama sob saya juga gak konsisten kalau pakai kata ganti.. kadang guelah, aku, admin..

    Mungkin memang saya orangnya memang sifatnya gak konsisten.. ^^

    Do you wanna do.. but don't do the bad.. ^^V

    ReplyDelete
    Replies
    1. mesti dirubah itu...

      let's change

      hehe

      Delete
  5. Thanks infonya gan ... ditunggu folbek&kunbalnya http://blog-sadid.blogspot.com

    ReplyDelete

Blog Uyo Yahya menerima segala macam komentar yang memenuhi kriteria "Bebas tapi Sopan". Mangga, silahkan...

Featured post

Retorika: Seni Merubah Pikiran Manusia

Di akhir perkuliahan semester 3 awal Maret ini saya mempelajari tentang Introduction to Litetrature. Untuk nilai dan tugas, setiap individ...