Saturday, 21 September 2013

Emak, Abah...Anak Kecil Itu!

Emak Abah, your last child lagi kangen. Disini anak kalian ini kalau makan mesti beli ke warteg, ke warung pecel lele atau ayam, itu pun kalau lagi semangat dan lagi nggak labil ekonomi. Kalau nggak ya cukup deh jalan ke depan kosan dan pesan satu porsi mie ayam, atau indomie makanan anak kos.

Anakmu ini lagi pengen banget mencicipi masakanmu yang tiap kali nempel di lidah rasanya gak ada duanya di dunia ini, Farah Quinn pun kalah. Itu tuh yang pentingnya, gratis. Dan anakmu yang sudah "twenty one my age" ini lagi kangen suasana pagi yang seperti ini:

"Yo, bangun... Tempe-tahu kesukaanmu sudah siap di meja. Mumpung masih hangat. Sambel ijo-nya juga."
Lalu si anak kurus ini akan bangun dari ranjangnya. Berjalan limpung menyeret-nyeret kakinya, udah kayak zombie, ke dapur mencari itu makanan yang baru disebut.

Emak Abah, bahkan untuk tempe ama tahu pun sekarang susah dicari di warung. Maksudnya susah nyari yang harganya murah. As we know petani kedelai memang sedang tidak beruntung dengan tanaman mereka musim ini. Jadi harga kedelai melambung jauh terbang tinggi bersama Anggun C Sasmi. "Naik" aja gitu, simple. Lebay banget sih. Siapa? Eloooo...

Mak, Bah...Lapar... Untung ada Roma Malkist Abon...Hm...

Mau?
Emak Abah, Jakarta memang kota tempat kalian bertemu, memadu kasih, lalu lahirlah kakak-kakakku dan aku. Aku tahu kenapa kalian menjual gubuk kecil di gang di sudut Jakarta bahkan sebelum aku lahir dan memilih membangun rumah di Tasikmalaya sana. Benar, udara di sini panas, tingkat polusi udara tinggi, kontroversi hati apalagi, termasuk konspirasi moral. 

Untunglah aku besar di Tasik, agamaku Insyaalloh cukup kuat. Dan masa kanak-kanak dan remaja yang masih di koridor aman. Aku melihat anak-anak di sini bahkan balita pun sudah mengenal kata-kata kotor dan candaan yang merendahkan tidak mengenal siapa yang mereka ajak biacara.

Emak Abah, masa tadi pagi anakmu yang rajin menabung di warung ini diginiin:

"Kayak Mas." Jawab seekor anak kecil mungil di hadapanku yang sama-sama sedang menyantap bubur ayam pagi ini setelah ku bertanya, "Emang setan bentuknya kayak gimana?". Setelah sebelumnya itu seekor anak lagi nyeritain cerita serem yang gak serem. Yaitulah ya gak ngerti saya juga, serem tapi gak serem. 

Emak Abah, gak sopan banget kan mereka?!

Emak Abah, disini aku juga harus beres-beres kamar sendiri, nyuci baju sendiri... Tuh, kan udah numpuk lagi. Ya udah deh nyuci dulu....

31 comments:

  1. roma malkist sama aja, buat persediaan kalau tengah malem laper.. masih beruntung ya walaupun gue labil ekonomi tapi makan masih gratis :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jadi, roma malkist memang sudah punya tempat di hati para konsumen ya.

      Bersyukurlah...

      Delete
    2. enak juga rasanya, apalagi kalau tinggaal makan

      Delete
    3. gratis gitu?

      semua orang juga mau...

      Delete
  2. kalo lagi labil ekonomi lebih baik nganjuk :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahha. Atau lebih baik konspirasi kemakmuran....

      Delete
    2. Nganjuk=Ngutang?

      No no no, saya tidak diajarkan untuk seperti itu. Lebih baik datang ke rumah kakak dan mendapatkan makan gratis. That's the way.

      Delete
  3. Kenapa yang terbayang itu tempe tahu dan sambel ijo.... (-_-)"

    Mudah2an kebanyakan anak kosan di Jakarta "Kayak Mas" Uyo yang udah dibekali agama kalau gak berbahhayyyaa ><

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tahu tempe sambel ijo itu enaknya pake banget. :D

      Aamiin...

      Delete
  4. izin nyimak ya...sukses untuk anda :)

    ReplyDelete
  5. anak rantauan mas bro?

    aq juga sering beli roma malkist

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yep, perantau saya, mas.

      waw...malkist digemari banyak orang ternyata.

      Delete
  6. Saya ya, saya suka yang Abon! Eh, gimana kalau komentarnya langsung publish? Salam kenal sobat...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang rasa abon emang yg pling pas dilidah.

      emg langsung dipublish kok. Salam kenal juga. :D

      Delete
  7. mulailah hidup disipiln, mak sama abahmu pasti bangga, nak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih, bu...

      Jadi terharu #nyingsring

      Delete
  8. nyucinya kenapa harus nyuci sendiri sih...hadeuh nelongso banget ya.....cari pacar yang banyak lalu berdayakan mereka dong....;o)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Emang ada gitu pacar yang bisa diberdayakan seperti itu?

      Impossible deh, kang.

      Delete
  9. wah saya mau donk roma abon nya hehehe.. pas kayaknya di makan sambil minum kopi hehehe

    ReplyDelete
  10. haduh sampai makan mie ayam nih mas?wah wah..kalau saya dua mangkok mie ayam sih belum makan namanya mas, hehe
    memang kehidupan di kota (besar) sudah nir moral, atau kudeta normatif deh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. orang indonesia biasa, belum makan kalau belum makan nasi. hihi

      jangan pake istilah2 si vicki deh entar itu orang makin terkenal aja, mas.

      Delete
  11. Semoga betah tinggal disitu ya sob.. pokoknya jaga iman dan ibadah hehehe..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin, demi cita-cita mesti betah...

      Ok Sip, mas wahyu...

      Delete

Blog Uyo Yahya menerima segala macam komentar yang memenuhi kriteria "Bebas tapi Sopan". Mangga, silahkan...

Featured post

Retorika: Seni Merubah Pikiran Manusia

Di akhir perkuliahan semester 3 awal Maret ini saya mempelajari tentang Introduction to Litetrature. Untuk nilai dan tugas, setiap individ...