Wednesday, 28 May 2014

Numb: Hal Abstrak yang Menuntut

Numb (dari google)
Numb: suatu keadaan dimana kita merasa bahkan diri kita tidak tahu apa yang sedang kita lakukan. Keadaan dimana apa yang biasanya merupakan hal yang biasa seakan menuntut akan makna dan tujuan yang jelas. Statement yang kuat amat membantu dalam keadaan seperti ini.

Manusia terdiri dari dua aspek penting: jasmani dan rohani. Jasmani berupa tubuh yang terbentuk dari ribuan sel yang bersatu menjadi jaringan sel, kemudian menyatu lagi dalam organ, dan terakhir membentuk satu-kesatuan tubuh manusia yang hidup. Rohani berupa hal abstrak yang dimiliki setiap individu, tak mengenal akan komponen-komponen apa saja yang membentuknya. Kendati seperti itu namun memiliki dua penilaian untuk hakikat dari segala sesuatu yang ada di sekitar tubuh si empunya: baik dan benar.

Masing-masing jasmani dan rohani perlu dipenuhi kebutruhannya. Jasmani sebagai bagian yang kongkrit amatlah perlu untuk dipenuhi kebutuhannya seperti: kesehatan, asupan makanan, sirkulasi darah, oksigen, kebugaran, dll. Begitu juga dengan rohani yang bersifat abstrak juga mutlak memerlukan pemenuhan atas kebutuhannya seperti: rasa aman, nyaman, tenang, dll.

Dari keduanya, masing-masing saling bergantung. Jasmani yang buruk akan berpengaruh pada kinerja rohani. Begitu pula sebaliknya, rohani yang buruk amat berpengaruh pada jasmani. Kita mengenal peribahasa yang mengatakan "Dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat". Di situlah letaknya. Jasmani adalah tubuh yang harus sehat untuk menyokong kinerja rohani yaitu jiwa untuk selalu kuat.

Maka, saat kita mengalami numb, ingatlah bahwa tubuh dan jiwa saling mempengaruhi. Selalu temukan kedamaian untuk menenangkan diri barang sejenak. Permudahlah, jangan mempersulit diri.

1 comment:

  1. susah juga memahami definisi numb..
    tapi intinya kebutuhan jasmani dan rohani sama-sama harus dipenuhi

    ReplyDelete

Blog Uyo Yahya menerima segala macam komentar yang memenuhi kriteria "Bebas tapi Sopan". Mangga, silahkan...

Featured post

Retorika: Seni Merubah Pikiran Manusia

Di akhir perkuliahan semester 3 awal Maret ini saya mempelajari tentang Introduction to Litetrature. Untuk nilai dan tugas, setiap individ...