Showing posts with label Ramadhan. Show all posts
Showing posts with label Ramadhan. Show all posts

Wednesday, 22 June 2016

Musik/Lagu Jadul di Film-Film Jaman Sekarang

Soundtracks - gambar dari google

Musik, seni yang tidak bisa dipisahkan dari kehidupan modern dan mudah ditemukan. Pagi, siang, malam; musik diputar di radio, gadget pribadi, tempat umum, di bis - either diputar di audio bis atau dari suara-suara pengamen. Bahkan meski tanpa media, musik bisa dimainkan dalam kepala kita. Meski sifatnya abstract, musik dan lagu yang disukai kadang mengalun otomatis di kepala dan disenandungkan lirih oleh bibir kita. Dan yang tidak boleh terlupakan, musik membuat kita

Thursday, 16 August 2012

Malas Sahur Mendera di Akhir Ramadhan

facebook.com
"Tak apalah tidak sahur juga, kemarin gak sahur kuat kok sampai maghrib."
Bukan dilihat dari kuat atau tidaknya. Kita mesti lihat dari segi sunatnya. Sudah 2 hari ini saya dan teman-teman sekamar tidak sahur. Apa alasannya? Memang sih sudah disiapkan menu sahurnya di tempat kami kerja ini, tapi kami memilih untuk tidak sahur hanya karena terserang rasa malas.

Yeah, malas sahur di akhir ramadhan memang kerap menyerang umat muslim. Dengan menu yang kadang kurang cocok. Maksudnya? Wah, kamu tidak bersyukur. Menu yang kaya sayur dengan santan kental buat sahur 'kan gak cocok untuk perut orang puasa. Santan melakukan oksidasi berlebih dalam lambung sehingga menghasilkan gas dan membuat produksi asam lambung tinggi. Hal ini bisa malah menimbulkan masalah bagi lambung kita. Trik sederhananya adalah tetap makan dengan sayur tersebut tapi dengan kuahnya sedikit, atau bahkan tanpa kuah. Gak mau kan lagi sibuk-sibuknya kerja terus kita dapat panggilan alam dari toilet...oops.

Alasan sudah merasa terbiasa dengan tidak makan di siang hari pada bulan puasa tidak sepenuhnya benar. Lagi pula apa ini normal? Hey, orang normal makan tanpa disuruh. Dengan memikirkan kemungkinan yang mungkin bisa terjadi bila tidak makan, siapa tahu nanti ada pekerjaan berat yang mendadak, siapa tahu jam kerja hari itu ditambah lembur. Kita tetap mesti makan sahur. Trik saat bosan mungkin kita bisa mencoba makanan kecil dengan air mineral secukupnya. Memang tidak akan sekenyang nasi sih tapi ya lumayan untuk mendapatkan pahala sahur dan untuk menjaga asam almbung agar tidak naik.

Saya malas banget sahur 2 hari ini. Entah karena sugesti dari teman-teman sekamar atau apa...Tapi kemungkinan besar dari diri sendiri. haha

Kalian gimana? Mengalami hal serupa di atas?

Wednesday, 15 August 2012

Sudah Ditentukan dan Kau Hanya Bisa Pasrah

sumber

Pupuslah sudah harapan saya untuk benar-benar bisa menikmati akhir dari bulan Ramadhan ini. Semua rencana yang sudah tersusun rapi nampak suram untuk dilakukan setelah mengetahui bahwa libur mulai hari Sabtu, 18 Agustus 2012.

Dengan hari raya yang masih belum pasti jatuhnya, tanggal 19 atau 20, Minggu atau Senin. Saya pribadi lebih memilih hari Senin. Kenapa? Karena pas hari minggunya saya bisa habiskan untuk bersama keluarga. Saya ingin benar-benar menikmati sahur dan buka bersama keluarga. Minggu-minggu kemarin melewati sahur dan  dengan kawan-kawan terdekat. Mengenai hal ini jadi sedih juga teringat wajah emak yang meminta saya untuk berbuka di rumah. :(( Tapi saya malah memilih berbuka dengan teman-teman.

Dan untuk hari sabtunya saya bisa mengobati rasa kangen dengan anak-anak TEXAS (Texaje Satu) yang mau bukber pada tanggal 18. Kalau misalkan Lebaran jatuh pada tanggal 19, saya akan mengorbankan waktu bukber bersama TEXAS dan lebih memilih buka bersama keluarga.

Saya sedih menerima kenyataan bahwa saat ke-7 kakak saya berkumpul di rumah, saya masih memeras jari menciptakan paragraf-paragraf rayuan untuk konsumen.

Apa tidak ada jalan keluar?

Tuesday, 14 August 2012

Demam Weekend plus Demam Lebaran

Pagi sobat wtw. Bagaimana puasa kalian? Semoga tetap diberikan kesehatan dalam menjalankan ibadahnya, Aamiin.

Mengenai title dari postingan ini saya yakin semua karyawan di pabrik sama pekantoran sedang mengalaminya. Mengingat pekan ini adalah pekan terakhir dari bulan suci Ramadhan jelas banyak para pekerja yang sudah tidak sabar menantikan hari kerja terakhir di bulan ini untuk mudik di hari berikutnya.

Kita pantau yang di kawasan lokal dulu, ya. Di kantor tempat saya bekerja nampaknya atmosfer libur lebaran sudah menjangkit teman-teman saya. Penyebabnya hanya satu ya, itu tuh hari lebaran yang belum jelas kan. Entah minggu atau senin. Jadi kita tidak bisa menentukan kapan sih H-3 sama H+3 nya. Tidak bisa menentukan libur start dari tanggal berapa sampai tanggal berapa yang berimbasa pada tidak bisanya mengatur jadwal reuni dengan teman sekolahan. Akibatnya virus-virus malas mulai menginfeksi kami semua. Disadari atau tidak.

Belum lagi ditambah weekend kemarin yang kelihatannya dihabiskan secara brutal oleh kebanyakan orang. Akibatnya hari senin berhiaskan rasa kantuk yang tidak bisa ditoleransi lagi. Hentakan mendadak pada keyboard karena mimpi pas lagi kerja pun mudah ditemukan. Wajah suntuk mupeng libur mudah terdeteksi dengan jumlah pengidap yang banyak.

Saya pribadi juga mengalaminya. Terlebih lagi di tempat kerja yang dulu, harilebaran tanggal 30, tanggal 25 sudah libur plus masuk H-3. Enak banget 'kan?...

Sekian pantauan kami pagi ini. Saya uyoyahya, melaporkan dari jalur depan kantor divisi luxor. 

Kamu, kamu, kamu...gimana? Terjangkitkah virus Demam libur lebaran?...

Monday, 13 August 2012

Lebaran Tinggal Menghitung Hari

Menghitung hari, detik demi detik
Sorak-sorak bergembira, bergembira semua...
Siti Nurhaliza - Aidil Fitri


Asyik Lebaran tinggal 1, 2, 3,... 5 hari lagi. Bagaimana dengan persiapan Lebarannya sobat wtw semua?
Saya sudah tidak sabar nih menantikan meriahnya lebaran tahun ini. Ada yang beda di Lebaran tahun ini. Saya udah gede(apanya?). Pas weekend kemarin udah ada satu keluarga kakak yang mudik dari Cikarang. Entah kenapa saya dan kakak cewek yang ada di rumah membuat kesepatakan seperti ini. "Yo, sepertinya untuk tahun depan kita harus membuat markas sendiri."

Apa maksudnya coba? Kami berdua emang penghuni tetap rumah selama setahun ini. Terbiasa dengan suasana yang sepi, sunyi dan senyap tanpa anak keicl yang nangis. Pokoknya suasana rumah enak deh buat tidur. Nah, pas lebaran kan itu 8 orang anak manusia (#Ya, alloh) pada kumpul, belum lagi yang sudah berkeluarga pada bawa lampirannya masing-masing. Gak kebayang deh atmosfernya entar kayak gimana...

Yang kemarin datang nih Kakak cowok saya yang ke 4 membawa satu paket keluarga: dirinya, istri sama anak kecil yang mana adalah ponakan saya bernama Rezy Fadey Bazli (saya yang kasih nih nama) pas malam minggu tepat jam 12. Teng tong. Si Rezy ini baru 2 tahun. Tapi ampun ya ini anak sensitivnya kayak orang dewasa...gak jauh beda sama saya sekarang (emang udah dewasa...?). Disentuh dikit aja langsung nunjukin mimik muka gak suka yang nyebelin...ditambah lagi sentuhannya eh, eh malah makin parah dan nangis deh...haihihihi (#ketawa mak lampir). Jujur sobat wtw saya kurang suka gitu sama anak kecil. Alasannya? Entar deh bikin postingan khusus...

Persiapan Lebaran...

Stop ngomongin tanda-tanda kekacauan di rumah. Kita fokus ke persiapan lebaran. Yang paling seru dulu deh..Baju Lebaran! Gimana sobat wtw udah pada punya persiapan yang satu ini? Kayak anak kecil banget ya.Tapi No matter lah, Lebaran berasa gimanaaa gitu kalau gak beli baju lebaran.

Kalau saya sih beli baju lebaran hanya untuk menghadiahi diri sendiri. Award kecil-kecilan, kayak baju labaran, buat diri kita itu sangat baik untuk memotivasi diri agar melakukan kemajuan-kemajuan yang lebih baik. Untuk lebaran kali ini tidak jauh beda dengan lebaran kemarin. Awal bulan saya udah beli satu setel baju yang gayanya agak berbeda deh sama tahun-tahun kemarin. Sekarang saya udah bisa milih baju sendiri, lho,,,huahaha

Selain baju lebaran persiapan yang biasa dilakukan adalah bikin Kue Lebaran. Kerjaan Ibu-ibu nih..gak bisa bahas banyak-banyak. Alhamdulillah ya di rumah itu lemari udah penuh sama kue-kue kering khas lebaran.
Setelah kue apalagi ya? Oh, itu mh,,,apa-apa-apa?...lempar...pass...peserta selanjutnya : mh,,,,apa ya...waktu habis...yeah
Jawabannya...bersih-bersih rumah. Saya liat rumah udah cukup bersih. Udah dicat dengan warna krem segar. Berarti tinggal sapu-ngepel yang rajin deh. Dan semua itu biasa dilakukan oleh Dina Suargiah. hahaha...Kakak cewek saya yang paling kecil...

Kalian gimana? Udah pada siap Lebarannya? Apa pada lagi nunggu THR?...

Monday, 6 August 2012

Menu Sehat Ayam Kol di Bukber Kemarin

Ini nih tindak lanjut dari positngan yang kemarin.Sabtu malam kemarin saya jadi bukber dengan teman-temannya si Yayang. Setelah sedikit dilanda bingung akhirnya saya jadi ke ngikut dan lumayan deh bisa ketemu salah satu manusia besar yang saya kenal di dunia, Novi. Tebak cewek apa cowok? Cowok, lho...

Berangkat jalan kaki dari rumahnya Yayang ke tempat di mana bukber bakalan berlangsung. Rada ragu juga sih pas jalan kaki ke TKP yang katanya dekat sama Yomart di Jl. Siliwangi. Mencari-cari ke depan nama Ayam Kol tapi gak ada. Coba dihubungi yang punya hajatnya susah banget. Akhirnya secara tidak sadar ini mata menangkap sebuah nama warung makan bernama "Ayam Kol".

Kita masuk ke warung makan sederahana itu dan menempati meja yang udah dipesan duluan. Ngobrol-ngobrol sebentar dan tibalah orang yang nraktir kita bukberan di sana, Desy, pacarnya Novi. Inget nama yang kedua itu cowok. COWOK tulen. Salaman and sedikit berbincang soal kerjaan.

5 Menit sebelum waktu berbuka tiba menu udah didatengin ke meja kita. Sate usus kecap, Ayam bakar kecap, Tahu bakar kecap, Sate ati ayam kecap dan yang unik yaitu ada porsi sayuran kol yang digoreng dan tentu saja tidak ketinggalan ada nasi juga. Apa sih yang buat menu ini sehat? Ya, itu tuh kolnya. Menu yang lain kan mampu memicu naiknya kadar kolesterol di tubuh kita. Kol mampu mengontrol kadar kolesterol dalam tubuh kita. Pas kita hap ayam, sate usus, dan sate ati...kadar kolesterol kita langsung ditekan oleh si sayuran berwarna putih itu.

Ini Dia penampakan dari Menu Ayam Kol...

Pemilik warung makan ini benar-benar punya ide yang cemerlang. Dengan menu ayam bakar kecap yang sarat akan lemak kita disuguhi kol segar yang aman menetralisir lemak tersebut. Benar-benar sehat.

Bukber selesai sekitar jam 18.30. Kita salaman and langsung cabut ke rumah masing-masing. Rumah saya jauh nih...di Ciawi. Mesti bergegas supaya bis angejar Bis yang berangkat jam 7-an.

Makasih ya buat Desy yang udah nraktir saya bukber dengan menu sehat Ayam Kol-nya...

Saturday, 4 August 2012

Pulang atau Ikut Bukber, ya?

Bingung melanda di saat ada dua keinginan yang bertentangan. Yang satu manfaatnya gini-gini-gitu, jeleknya gini-gitu-gini. Yang lain serunya gitu-gitu-gini, gak serunya gitu-gini-gitu. Bingung 'kan, bingung? Ayo ngaku....

Yap, rencana buka puasa akhir pekan ini pengen di rumah kaya pekan kemarin. Tapi semalam terlibat chat sama orang yang udah lama jadi temen plus pacar my brother(entahlah mereka masih jadian atau udah bubaran....haha...siapa peduli). Katanya ada ajakan bukber atau buka bersama dari salah satu temennya yang juga temen saya yang mana adalah pacar temen saya. Ngerti gak?...Pusing? ...Sorry ya gak bisa ngejelasin secara rinci. Pokoknya ya gitu deh...

Ini dia sedikit cuplikan percakapan di YM semalam dengan akun "tazqia""

Me : Gratis gak? (nyadar oi...udah kerja masih aja pengen yang gratisan)

taz: gratislah, namanya juga diajak...
me: bayar juga gak papa sih...
taz: nyantai uyo mh saya bayarin...
me: asyik...asyik...asyik...

Gini-gini-gini,,,buka puasa di rumah masakannya udah tentu enak, gak bayar (seumur hidup saya makan gak bayar...gratis, tis, tis, tis) dan nyaman banget suasananya. Secara kaya diiklan Kecap cap burung itu tuh katanya: "Mana mungkin tergoda buka puasa di jalan kalau di rumah ada yang lebih spesial."
Ayo tebak iklan apa?...sssttt...iklan komersil.

Tapi dengan iming-iming kata buka puasa di luar juga gratis,,,hahaha...why not. Tapi, jujur bayar juga gak papa kali uang saya masih cukup kok..lebih malah...(najong)....

Jadi keputusannya gimana, nig?...Pulang apa maen dulu? Buka puasa di rumah apa di luar?
Ada saran?...

Wednesday, 1 August 2012

Tips Mengatasi Bibir Kering Saat Puasa

Saat menjalankan ibadah puasa banyak sekali perubahan yang terjadi pada tubuh kita. Menahan lapar dan dahaga selama 14 jam membuat tubuh dehidrasi. Namun, kita tidak dianjurkan untuk mengeluh. Yang kita lakukan adalah mencari-cara-cara untuk mengurangi dampak dari puasa.

Bibir kering merupakan salah satu masalah yang sering dialami orang yang sedang berpuasa. Mineral yang dibutuhkan tubuh berkurang seirng waktu hingga waktu berbuka. Dan bibir kering ini kerap membuat kita kurang percaya diri saat ada di muka umum.

Berikut ini beberapa tips mengatasi bibir kering saat puasa :

  1. Minum yang cukup
    Konsumsi air mineral minimal 8 gelas pada saat buka dan sahur. Pembagian waktunya bisa disesuaikan. Misal satu gelas saat berbuka sebelum menyantap ta'jil, satu gelas setelah makan, satu gelas setelah sholat tarawih, satu gelas sebelum tidur, satu gelas pada saat bangun tidur untuk sahur, 1 gelas setelah sahur dan satu gelas lagi saat imsak. Total semuanya 8 gelas. Hal ini bisa membantu mengatasi bibir yang kering selama puasa.
  2. Hindari Makan Pedas dan Asin
    Saat berbuka puasa dan sahur hindari makanan pedas dan terlalu asin. Kedua jenis makanan ini dapat menyebabkan bibir dan mulut kering. Selain itu mengonsumsi makanan asin dan pedas membuat Anda cepat haus.
  3. Hindari Menjilat Bibir
    Menjilat bibir sama sekali tidak membantu. Malahan dapat memperburuk kondisi kulit bibir. Air liur yang menempel, membuat bibir semakin kering. Oleh karenanya, hindari menjilat bibir.
  4. Madu
    Madu merupakan cara alami untuk mengatasi bibir kering dan pecah-pecah. Selain dikonsumsi, Anda dapat mengoleskannya pada bibir. Masalahnya Anda tidak bisa mengoleskan bibir di tengah hari. Oleskan madu menjelang tidur. Saat sahur, minumlah madu sebanyak tiga sendok makan. Selain dapat mencegah bibir kering, madu juga memberikan Anda kekuatan selama berpuasa.
sumber

Monday, 30 July 2012

3 Masalah Kesehatan yang Sering Muncul Saat Puasa

Bulan Ramadhan, bulan dimana umat muslim melakukan ibadah puasa wajib menjadi momen yang paling menyenangkan bagi semua umat. Benarkah? Benar banget, gak jarang lho umat beragama lain yang membuat menu kolek saat bulan Ramadhan. Berdasarkan pengalaman pribadi, waktu masih bekerja di Jakarta sono noh...Para cici-cici Chinese bikin kolek di kantor. Lumayan deh saya jadi gak perlu beli ta'jil di jalan.

sumber
Menurut ahli kesehatan dan kecantikan pun puasa memang dianjurkan untuk taraf kesehatan yang lebih baik. Selama berpuasa terjadi detoksifikasi kulit dan metabolisme tubuh yang terjaga dengan baik. Keteraturan waktu makan membuat tubuh merespon keadaan tersebut dengan baik. Sehingga bukan sedikit Dokter yang bercerita bahwa tempat praktik mereka kehilangan hampir 80% pasien selama bulan puasa. Oo em jii... Bagaimana setelah bulan puasa berlalu. Pasien mereka kembali membludak dikarenakan umat muslim sudah tidak terlalu teratur lagi pola makannya. So, buat lebih sehat "Mari Puasa!"

Namun bagi penderita 3 penyakit dibawah ini puasa bisa menyebabkan kekambuhan yang lebih sering. Berikut 3 masalah kesehatan yang sering muncul saat puasa:

1. Maag
Tidak makan dan minum  selama 14 jam memang berat dirasakan oleh penderita maag. Asam lambung yang menignkat membuat lambung lebih cepat teriritasi sehingga maag terjadi. Untuk mengantisipasinya, perbanyak konsumsi makanan berserta tinggi seperti buah dan sayur pada saat sahur untuk memperlambat pengosongan lambung untuk mencegah cepat naiknya asam lambung.

2. Hipoglikemia
Penyakit kekurangan kadar gula ini kerap dialami orang yang sedang puasa. Jelas saja tubuh yang biasanya mendapatkan energi dari makanan yang manis-manis dengan cara ngemil harus berhenti menerima pasokan tersebut selama puasa. Akibatnya tubuh cepat melemah dan terjadilah hipoglikemia. Konsumi makananan dengan kandungan glukosa alami saat buka dan sahur untuk mengantisipasi hipoglikemia.

3. Kolesterol
Prinsip balas dendam setelah seharian tidak makan dan minum yang diberlakukan sebagian orang saat berbuka puasa tidak baik untuk dilakukan. Padahal puasa tidak sekedar menahan lapar dan haus. Mereka cenderung memperbanyak jenis dan porsi makanan berat sehingga kolesterol tidak dapat dihindarkan. Agar terhindar dari kolesterol saat puasa, makanlah makanan yang ringan terlebih dahulu untuk 20-30 menit setelahnya barulah konsumsi makanan beratnya.

Itulah 3 masalah kesehatan yang sering dialami banyak umat muslim saat puasa. Ada tambahan masalah dan antisipasinya? Silahkan komen di sini ya...

Saturday, 28 July 2012

Bikin Menu Ta'jil Sendiri di Rumah

Pagi, sobat wtw. Postingan kali ini saya bakalan ngebahas tentang menu ta'jil yang bisa kalian bikin sendiri di rumah. Ingat, jajanan di luar itu tidak sepernuhnya bersih. Contoh kecil plastik yang buat mengemas menu ta'jil kolek pasti tidak luput dari sapuan debu di jalanan. Belum lagi sempat di pilih-pilih sama orang yang beli lainnya. Kuman bersarang di sana, pals.

Apalagi beberapa pedagang nakal menggunakan bahan-bahan berbahaya seperti pemanis, pengawet dan juga pewarna buatan dalam adonan dagangan mereka. Sangat tidak baik untuk kesehatan kita kelak. Puasa itu menyehatkan, tapi apalah jadinya bila selama puasa asupan makanan yang masuk ke tubuh kita tidak sehat. Hasilnya nol besar.

Bagaimana kalau kita buat sendiri? Tentu saja segalanya terjamin higienis. Nah, di sinilah saya akan membagikan satu tips menu ta'jil yang bisa kalian buat sendiri dengan mudah di rumah beberapa saat sebelum waktu berbuka tiba.

Menu ta'jil kita kali ini adalah BUBUR SUMSUM JAGUNG MANIS...hmmm...kebayang...stop! 'kan lagi puasa!

gambarnya kecil aja ya biar sobat semua tidak tergoda...

Bubur yang legit dan lembut ini sangat cocok buat berbuka nanti. Biji jagung manis memberi rasa renyah. Aroma wangi daun pandan dan gula merah membuat bubur ini makin lezat saja. Enak dinikmati hangat dengan siraman saus santan yang gurih. Sluurp!

Bahan:
  • 150 g tepung beras
  • 500 ml santan
  • 1 lembar daun pandan, potong-potong
  • 200 g gula merah
  • 2 sdm gula pasir
  • ½ sdt garam
  • 150 g biji jagung manis, rebus
Saus:
  • 250 ml santan kental
  • 1 sdm tepung beras, larutkan dengan sedikit air
  • 1 lembar daun pandan, potong-potong
  • ½ sdt garam

Cara membuat:
  1. Larutkan tepung beras dengan sedikit santan.
  2. Masak sisa santan bersama daun pandan, gula dan garam hingga mendidih.
  3. Tuangkan larutan tepung beras.
  4. Aduk hingga kental dan matang.Masukkan biji jagung, aduk hingga rata.
  5. Angkat, dinginkan.
  6. Saus: Rebus santan bersama garam dan daun pandan hingga mendidih.
  7. Masukkan larutan tepung beras, aduk hingga kental. Angkat.
  8. Sajikan dengan Sausnya.

Untuk 6 orang


Kalori : 2360 kkal - 393,3 kkal/porsi
Protein : 31,7 gr - 5,28 gr/porsi
Lemak : 106,7 gr - 17,78 gr/porsi
Karbohidrat: 241,3 gr - 40,21 gr/porsi
Serat : 13,5 gr - 2,25 gr/porsi


food.detik.com

Thursday, 26 July 2012

Puasa Bikin Kamu Awet Muda

Ibadah umat muslim yang satu ini memang banyak manfaatnya. Selain untuk kesehatan rohani dengan meningkatkanya kesadaran akan sesama, puasa juga bermanfaat unttuk kesehatan jasmani. Tegasnya puasa bisa bikin kamu awet muda. Proses detoksifikasi sel terhadi secara menyeluruh sebulan penuh pada orang yang berpuasa. Keteraturan makan, beraktifitas dan istirahat adalah hal-hal yang meningkatkan kesehatan seseorang tubuh seseorang di bulan Ramadhan.

Kesehatan merupakan nikmat yang tidak dapat dinilai dengan harta benda. Untuk menjaga kesehatan, tubuh perlu diberikan kesempatan untuk istirahat. Puasa, yang mensyaratkan untuk tidak makan, minum, dan melakukan perbuatan-perbuatan lain yang membatalkan puasa dari terbitnya fajar hingga terbenamnya matahari sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan jasmani dan rohani.

Puasa dapat mencegah penyakit yang timbul karena pola makan yang berlebihan. Makanan yang berlebihan gizi, belum tentu baik untuk kesehatan seseorang. Kelebihan gizi atau overnutrisi mengakibatkan kegemukan yang dapat menimbulkan penyakit degeneratif seperti kolesterol dan trigliserida tinggi, jantung koroner, kencing manis (diabetes mellitus), dan lain-lain yang berjumlah sekitar 50 jenis penyakit.

Pengaruh mekanisme puasa terhadap kesehatan jasmani meliputi berbagai aspek kesehatan, diantaranya yaitu :
  1. Memberikan kesempatan istirahat kepada alat pencernaan, Pada hari-hari ketika tidak sedang berpuasa, alat pencernaan di dalam tubuh bekerja keras, oleh karena itu sudah sepantasnya alat pencernaan diberi istirahat.
  2. Membersihkan tubuh dari racun dan kotoran (detoksifikasi). Dengan puasa, berarti membatasi kalori yang masuk dalam tubuh kita sehingga menghasilkan enzim antioksidan yang dapat membersihkan zat-zat yang bersifat racun dan karsinogen dan mengeluarkannya dari dalam tubuh.
  3. Menambah jumlah sel darah putih. Sel darah putih berfungsi untuk menangkal serangan penyakit sehingga dengan penambahan sel darah putih secara otomatis dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh.
  4. Menyeimbangkan kadar asam dan basa dalam tubuh,
  5. Memperbaiki fungsi hormon, meremajakan sel-sel tubuh,
  6. Meningkatkan fungsi organ tubuh.
sumber

Featured post

Retorika: Seni Merubah Pikiran Manusia

Di akhir perkuliahan semester 3 awal Maret ini saya mempelajari tentang Introduction to Litetrature. Untuk nilai dan tugas, setiap individ...